Sunday 16 April 2023

Silah Ukhuwah dalam Buka Puasa bersama Keluarga Besar UKM Pramuka UNM Tahun 2023

 

Suasana Foto Bersama Dengan Pengurus UKM Universitas Negeri Makassar

    Dalam rangka menjalin tali silah ukhuwah di Bulan Suci Ramadhan, UKM Pramuka Universitas Negeri Makassar menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama pada hari Ahad, 16 April 2023 lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh keluarga besar UKM Pramuka Universitas Negeri Makassar dan juga beberapa pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Negeri Makassar Seperti Maperwa, KSR PMI, Pinisi Choir, Menwa, dan beberapa UKM lainnya serta kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa anggota pramuka dari perguruan tinggi lainnya.

Suasana Ustadz Muh. Ammar Naufal S.Pd., M.Ed., Ph.D. Membawakan Ceramah
  

    Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Unsur Gugusdepan 08.095 & 08.096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar. Dalam rangkaiannya pelaksana menghadirkan ceramah yang dibawakan oleh Ustadz Muh. Ammar Naufal S.Pd., M.Ed., Ph.D. sebelum ceramah berlangsung, adapun pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang di bawakan oleh kakak Maulana Arif Abdillah selaku anggota Ambalan Ranggong Dg. Romo, nah setelah di lanjutkan dengan ceramah, dalam ceramah singkatnya, beliau meluruskan pemahaman terhadap kata silaturahim yang sering salah penggunaannya. 

    Menurut penjelasan beliau kewajiban untuk ber-silaturahim hanya ditujukan kepada saudara yang masih tergolong mahram, bukan ditujukan kepada selain itu. Sehingga ketika hendak menjalin keakraban dengan teman seperjuangan, tetangga, atau rekan kerja yang buka mahram kita menyebutnya dengan silah-ukhuwah.

    Setelah mendengarkan ceramah, kegiatan dilanjutkan dengan buka puasa bersama, kegiatan ini berlangsung hikmat dan ceria. Diakhir kegiatan lepas Sholat Magrib kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan diskusi singkat antara Pengurus Dewan dan Pengurus UKM lainnya.

Suasana Foto Bersama Keluarga Besar UKM Pramuka UNM


Penulis: Fidyah Syafirah Mbuinga

Editor & Publisher : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments