Sunday 12 February 2023

Kembali Mencetak Prestasi, Anggota UKM Pramuka UNM Terpilih sebagai Duta Remaja Berbakat Kota Makassar

Suasana Ajang Pemilihan Duta Remaja Kota Makassar Tahun 2023

    Pada Tanggal 12 Februari 2023, menjadi ajang pemilihan Duta Remaja Kota Makassar Tahun 2023 bagi 10 Finalis Duta Remaja Putra dan Putri Kota Makassar Tahun 2023. Ajang ini dilaksanakan di Grand Hotel Makassar. 

    Anggota UKM Pramuka UNM kembali mencetak prestasi dalam ajang pemilihan Duta Remaja Kota Makassar Tahun 2023. Zyair Muzyaitir selaku Pradana Ambalan Ranggong Dg. Romo masuk dalam kategori Top 5 dan terpilih sebagai Duta Remaja Berbakat Kota Makassar Tahun 2023. 

Kakak Zyair Muzyaitir Selaku Pradana Ambalan Ranggong Dg. Romo

    Dalam ajang pertunjukan bakat Duta Remaja Kota Makassar Tahun 2023, Zyair Muzyaitir menampilkan bakat sala-satu Tradisi Bugis Penjemput Tamu yaitu Osong atau sering disebut dengan Angngaru' yang bertujuan untuk menambah semangat juang dengan nilai yang terkandung didalamnya, dimaknai sebagai bentuk jati diri seorang laki-laki yang sesungguhnya. Untuk menyatakan eksistensinya sebagai ksatria maka prajurit yang telah berikrar pantang baginya menyerah.

    Tradisi ini biasanya diucapkan oleh abdi raja kepada rajanya, atau sebaliknya, oleh raja kepada rakyatnya. Tradisi pada jaman dahulu, dilakukan sebelum prajurit berangkat ke medan perang. Para prajurit terlebih dahulu harus mengucapkan sumpah aru (sumpah setia) di depan sombayya. Prajurit bersumpah untuk mempertahankan wilayah kerajaan, membela kebenaran, dan tak akan mundur selangkah pun sebelum mengalahkan musuh yang dihadapi.

    Penampilan bakat Zyair Muzyaitir menjadi buah sorotan dan banyak dikagumi penonton bahkan juri penilai pementasan bakat. Bakat Angngaru' yang ditampilkan membawanya hingga ke Top 5 Finalis dan berhasil mencetak prestasi sebagai Duta Remaja Berbakat Kota Makassar Tahun 2023.


Penulis : A. Saskia Dwi Afika Idrus

Editor & Publisher : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments