Sunday 11 December 2022

PENTINGKAH ORGANISASI BAGI SEORANG MAHASISWA?

 

Mahasiswa memberikan pengalaman Kepramukaan kepada Siswa

Seringkali kita mendengar tipe mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang) dan mahasiswa kura-kura (kuliah rapat). Kedua tipe ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Memiliki perbedaan yang cukup signifikan bagi seorang mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi dan mahasiswa yang rutinitasnya kuliah pulang.

Organisasi dalam instansi perguruan tinggi menjadi wadah bagi setiap mahasiswa menyalurkan minat dan bakatnya. Bergabung dalam organisasi mahasiswa mampu bersosialisasi didalam maupun diluar kampus melalui aktivitas bakti sosial, penanggulangan bencana serta meningkatkan keterampilan kepemimpinan.

Organisasi Pramuka Mengadakan Kegiatan Talkshow

Menurut Darmawan, dalam tulisannya "Kiat Sukses Manajemen Organisasi Kemahasiswaan" (2001) bahwa organisasi kemahasiswaan tentu di dalamnya terdapat kumpulan sumber daya manusia yang beragam, sumber daya alam dan lingkungan, tujuan yang hendak dicapai, dan sarana atau instrumen yang digunakan dalam mencapai tujuan yang dimaksud. Berdasarkan tulisan tersebut, dapat disimpulkan bahwa organisasi dalam ranah perguruan tinggi merupakan sarana sebagai penyalur aspirasi dan kreativitas mahasiswa dalam proses pengembangan diri terutama pada pengembangan keterampilan kewarganeraan (civic skills).

Organisasi mampu memberikan perubahan yang cukup signifikan kepada diri seorang mahasiswa, tergantung bagaimana cara menyikapinya. Terkadang organisasi tidak hanya memberi kesan positif melainkan juga memberi kesan negatif, seperti pergaulan yang cukup bebas, harus pandai mengatur waktu, mengatur kegiatan berdasarkan skala prioritas, dan beberapa hal lainnya.

Organisasi Pramuka memberikan Pelatihan kepada Masyarakat Desa

Menjadi seorang mahasiswa dalam memilih ruang untuk belajar perlu adanya pengamatan dan penyesuaian. Setiap ruang belajar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Organisasi penting sebagai ruang belajar selain meja perkuliahan bagi seorang mahasiswa, tapi seorang mahasiswa harus tahu skala prioritas antara kuliah dan organisasi.

Organisasi tidak menjadi penghalang dalam perkuliahan, tapi Kuliah adalah prioritas utama dalam perkuliahan.


Penulis : A. Saskia Dwi Afika Idrus

Load disqus comments

0 comments