Wednesday 16 November 2022

Yudha Adyaksa Sampaikan Terobosan Baru Pusinfo Kwarnas di Expo To Maraya UKM Pramuka UNM

Suasana Talkshow Expo To Maraya Tahun 2022

Sabtu, 12 November 2022 Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Universitas Negeri Makassar (UKM Pramuka UNM) melaksanakan Expo To Maraya sebagai rangkaian puncak dari kegiatan Jelajah Wisata Budaya yang menjadi program kerja Ambalan Ranggong Dg. Romo & Opu Dg. Risadju tahun ini. Seperti yang diketahui bahwa sejak bulan September – Oktober kemarin UKM Pramuka UNM telah melaksanakan jelajah budaya di tiga etnis berbeda yakni etnis Makassar, Bugis, dan Toraja. UKM Pramuka UNM melakukan perjalanan di Kab. Bulukumba untuk mengenal lebih jauh tentang etnis Makassar, di Kab. Bone & Wajo untuk etnis Bugis dan Kab. Tana Toraja & Toraja Utara untuk etnis Toraja. Sebagai puncak dari kegiatan ini, dilaksanakanlah Expo To Maraya untuk menyampaikan hasil dari perjalanan yang telah UKM Pramuka UNM laksanakan

Salah satu item kegiatan pada Expo To Maraya adalah Talkshow dengan tema youth and culture. Kegiatan talkshow ini menghadirkan keynote speaker Hj. Suhartina Bohari, SE sebagai Wakil Bupati Kab. Maros sekaligus Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kab. Maros dan menghadirkan tiga narasumber hebat yakni Kak Sherly Annavita (Influencer Milenial), Kak Rijal Djamal (Creativepreneur Pemuda Sulsel), dan Kak Yudha Adyaksa (Kapusinfo Kwartir Nasional).

Penyampaian kakak Yudha Adyaksa sebagai Narasumber 

Yudha Adyaksa pada kesempatan itu menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan manfaat teknologi informasi dalam pengembangan Gerakan Pramuka. Diketahui bahwa Pusinfo Kwarnas selama dipimpin oleh Yudha aktif pada pengembangan media sosial, website, penyelamatan akun yang diretas, dan sekarang ini sementara mempersiapkan terobosan-terobosan baru seperti Tik Talks, Pusinfo Class dan Pusinfo Challenge. Dari ketiga terobosan baru tersebut, Yudha menyampaikan bahwa Tik Talks nantinya akan berfokus pada Penginformasian Komisi, Badan Kelengkapan dan Organisasi Pendukung. Selain itu, juga akan mengundang tokoh inspiratif dan terus berupaya menjalin komunikasi dan koordinasi kuat antar Kwartir, Gudep, Saka dan Sako. Sementara untuk Pusinfo Class akan dilakukan Webinar Class, Mentoring Class, & Collaborating dan untuk Pusinfo Challenge nantinya akan ada quizizz, Challenge, dan Giveaway Quiz.

Yudha juga menyampaikan bahwa Implementasi dari program-program pengembangan teknologi informasi di Kwartir Nasional pada akhirnya akan mengarah kepada terciptanya Produk Pusinfo, lahirnya beragam informasi yang dibutuhkan anggota pramuka pada sosial media, dan adanya digital skill-ethic-safety-culture yang dirasakan oleh anggota pramuka. 

Suasana Foto Bersama

Ini tentunya menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh anggota pramuka di zaman pengembangan digital saat ini. Anggota pramuka harus menyambut baik terobosan-terobosan yang sementara dikembangkan oleh Pusinfo Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Di akhir acara, para narasumber saling balas pantun. Kak Rijal Djamal, salah satu narasumber melemparkan pantun kepada Kak Yudha yang berbunyi :

Ada anak memakai baju

Bajunya bagus paling berbeda

Pramuka kita bisa maju

Karena banyak sosok seperti kak Yudha

 

Peserta talkshow berharap agar kedepannya penguatan konten digital pada Gerakan Pramuka terus dikembangkan di zaman serba cepat sekarang ini dan tentu kak Yudha sebagai Kapusinfo diharapkan untuk mengawal program unggulannya.

 

Penulis : Adriani, S.Pd.
Load disqus comments

0 comments