Friday 19 November 2021

P3D UKM PRAMUKA UNM: MENGHADIRKAN INOVASI BARU DALAM PENGEMBANGAN KEMASAN MAKANAN RINGAN DI DESA TOMPOBULU

Pembuatan tenteng

Pangkep, UKM Pramuka UNM – Pelaksanaan Program Pengembangan Pemberdayaan Desa tahun 2021 ini mmerupakan suatu tantangan untuk Tim P3D Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Negeri Makassar dalam menciptakan inovasi-inovasi terbaru yang tentunya bermanfaat untuk desa sasaran, dalam hal ini Desa Tompobulu, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep).

Foto bersama ibu-ibu petani aren Dusun II

Salah satu inovasi yang dihadirkan dalam yaitu pengembangan aren, gula aren, dan mengahsilkan produk tenteng serta dikemas dengan kemasan yang menarik. Tenteng merupakan makanan ringan yang cukup terkenal di Sulawesi Selatan, dengan bahan gula aren (gula merah) dan kacang tanah.

Namun, tenteng hanya menjadi makanan ringan yang tidak diperjualbelikan. Sehingga, Tim P3D UKM Pramuka UNM melakukan Pelatihan dan Pendampingan Inovasi pengembangan gula aren dan kacang tanah dengan membuat kemasan menarik untuk tenteng yang bisa diperjualbelikan pada 22 September 2021 yang lalu.

Pelatihan dan Pendampingan pembuatan tenteng

Pelatihan ini dilaksanakan di dua dusun yaitu Dusun I dan Dusun II di Desa Tomopbulu, Kecamatan Balocci, Pangkep. Dengan peserta pelatihan yang merupakan ibu-ibu dari setiap dusun yang tentunya tahu akan pengolahan dan pembuatan tenteng. Ibu-ibu dari Dusun I berjumlah delapan orang sedangkan di Dusun II berjumlah delapan belas orang.  

Setelah dilaksanakannya pelatihan ini, salah satu peserta dari Dusun II menyamp iakan rasa senang terhadap pelaksanaan pelatihan ini.

Foto bersama ibu-ibu petani aren Dusun I

“Saya mewakili ibu-ibu yang lain mengucapkan terima kasih karena telah dilaksanakan pelatihan seperti ini. Saya sagat senang. Karena, sangat jarang pelatihan dilaksanakan di Dusun II. Apalagi mengumpulkan ibu-ibu yang ada di dusun ini. Ini pelatihan pertama di Dusun II. Biasanya, pelatihan-pelatihan dilaksanakan di Dusun I saja,” tuturnya.

“Semoga ke depannya bisa dilaksanakan pelatihan-pelatihan seperti ini lagi,” tambahnya.

Dengan adanya kemasan baru untuk tenteng, akan menghadirkan produk terbaru yang bisa diperjualbelikan dan menjadi satu usaha bagi petani di desa Tompobulu, khususnya ibu-ibu yang ada di Dusun I dan Dusun II.

Penulis : Fitria

Editor : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments