Monday 4 October 2021

PROGRAM MAGANG BERSERTIFIKAT KAMPUS MERDEKA, ANGGOTA RACANA OPU BERHASIL LOLOS SELEKSI

Jum'at 6 Agustus 2021 beberapa perusahaan yang bekerjasama dengan Kemendikbud telah mengumumkan peserta yang berhak lolos dan mengikuti Magang Bersertifkat MBKM di perusahaan pilihan masing-masing. Magang Bersertifikat Program MBKM adalah kegiatan akademis yang dapat menjadi pilihan mahasiswa setara penerapan 20 SKS Mata Kuliah yang dilaksanakan di luar kampus sebagai media bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman rill dalam dunia industri yang akan dilaksanakan selama 1 semester kurang lebih 4-6 bulan. 300 lebih perusahaan terbaik bergabung dalam Program Magang Bersertifikat MBKM ini. 


Surat Penerimaan Magang MBKM
Dengan program magang, selain bertujuan untuk memfasilitasi adaptasi mahasiswa supaya tidak terlalu lama ketika masuk dalam dunia kerja, juga untuk memfasilitasi generasi-generasi muda sekarang dengan inovasi dan wawasan yang lebih luas, dan bisa jadi dilirik oleh berbagai perusahaan. Mahasiswa dari semua perguruan tinggi negeri dan swasta yang terdaftar di PDDikti dapat mengikuti program magang bersertfikat ini. Dan selama proses pendaftaran mahasiswa tidak dibatasi untuk mendaftar di beberapa perusahaan. Periode pendaftaran nya pun berbeda setiap perusahaan, mulai 10 Juni - 15 Juli 2021. Adapun berkas yang harus disiapkan diantaranya CV, Transkrip yang telah dilegalisir, Sertifikat Organisasi, Pakta Integritas dan beberapa berkas penunjang lainnya.
Kak Mifta Aulia Mustafa merupakan anggota Racana Opu Dg. Risadju yang berhasil lolos hingga tahap akhir seleksi Magang Bersertifikat MBKM ini, ia juga mengungkapkan perasaan senangnya karena bisa diterima disalah satu perusahaan yang bekerjasama dengan Kemendikbud.
"Awalnya saya hanya coba-coba untuk daftar, beberapa perusahaan yang saya daftari dengan posisi yang sesuai dengan prodi saya, dan alhamdulillah saya diterima pada perusahaan Assa yang pendaftarnya kurang lebih 5.000 mahasiswa seluruh Indonesia, dan yang akan dipilih hanya 200 mahasiswa dengan penempatan yang berbeda diseluruh Indonesia. Dan saya sangat senang karena termasuk orang-orang yang beruntung bisa lolos hingga tahap akhir seleksi Magang MBKM ini" ucap kak Mifta.
Ia juga menyamampikan bahwa ada banyak proses yang harus dilalui mulai dari pendaftaran, seleksi berkas, FGD, interview, hingga tes akhir. Tidak hanya itu ia juga menyampaikan perusahaan Assa ini adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa transportasi di Indonesia, dan ia ditempatkan pada bidang Accounting (Account Payabale/Account Receivable). Pada program magang MBKM ini Assa akan menempatkan di beberapa daerah untuk mahasiswa yang telah dinyatakan lolos hingga tahap akhir, diantaranya Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Bali, Makassar, Medan, Palembang. Magang ini selain bersertifikat, tentunya juga akan mendapatkan intensif dan berbagai tunjangan dari perusahaan.
Semoga dengan adanya berbagai program yang telah diluncurkan oleh Kemendikbud dapat memberikan semangat belajar untuk seluruh mahasiswa.
Penulis: Humas UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments