Thursday 10 June 2021

TETAP SEMANGAT UNTUK BERKARYA : TIM UKM PRAMUKA UNM GAGAL LOLOS PENDANAAN PHP2D TAHUN 2021

UKM Pramuka Universitas Negeri Makassar kembali mengikuti Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Tahun 2021. PHP2D adalah kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud. Sejak tahun 2011. Pelaksanaan PHP2D tahun 2021 mengusung tema “Terwujudnya mahasiswa yang mampu berfikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif serta memiliki kemampuan kepemimpinan dalam pengembangan masyarakat desa di Era Industri 4.0 sebagai implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka”.

Setelah melakukan pemberdayaan di Desa Tompobulu, Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, UKM Pramuka UNM kembali menjadikan Desa Tompobulu sebagai calon desa binaan dengan program pemberdayaan yang berbeda. Tim PHP2D UKM Pramuka UNM menawarkan judul proposal “Pemberdayaan Pemuda untuk Wirausaha di Desa Tompobulu Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan melalui Digitalisasi dan Inovasi Gula Aren” dengan jumlah tim 15 orang anggota UKM Pramuka UNM dari jurusan yang berbeda dan dibimbing oleh Kak Dr. Irfan, M.Ds yang merupakan pembina Racana Ranggong Dg.Romo.

Salah satu misi penyelenggaraan PHP2D Tahun 2021 adalah menemukan atau mengembangkan potensi desa untuk pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini selaras dengan Tribina Pramuka Pandega, yakni Bina Diri, Bina Satuan, dan Bina Masyarakat, dimana poin Bina Masyarakat mengarahkan pramuka pandega untuk menerapkan kemampuan berpatisipasi dalam pemberdayaan masyarakat. Tidak hanya itu, Bina Satuan juga dapat dicapai oleh seluruh anggota UKM Pramuka UNM dalam program PHP2D ini.

Sayangnya UKM Pramuka UNM saat ini dinyatakan tidak lulus untuk tahap selanjutnya. Semoga kedepannya dapat lebih berprestasi lagi

Penulis : Kak Mahdalena
Editor : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments