Tuesday 16 February 2021

KODE KEHORMATAN PRAMUKA PENEGAK DAN PRAMUKA PANDEGA

KODE KEHORMATAN PRAMUKA PENEGAK DAN PRAMUKA PANDEGA

Oleh : Indasari

Ulang Janji Trisatya

Apa sih kode kehormatan pramuka penegak pandega? Sebelum kita membahas lebih lanjut terkait pramuka, nah kita harus tau dulu nih apa itu gerakan pramuka, pramuka, dan kepramukaan.

Pertama, gerakan pramuka merupakan nama untuk organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan Pendidikan kepanduan di Indonesia. Kemudian pramuka merupakan singkatan dari praja muda karana yang memiliki arti jiwa muda yang suka berkarya, dan pramuka juga sebutan untuk anggota pramuka yang terdiri dari beberapa tingkatan atau golongan berdasarkan usia dari anggota tersebut. Terakhir yaitu kepramukan yang diartikan sebagai sebuah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan, yang memiliki sasaran akhir yaitu pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan juga merupakan sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Dalam organisasi pramuka terdapat kode kehormatan yang merupakan janji dan ketentuan moral pramuka mengenai standar tingkah laku anggota pramuka di masyarakat. Adapun kode kehormatan yaitu trisatya yang merupakan janji dan komitmen seorang anggota pramuka dan dasadharma merupakan ketentuan moral seorang anggota pramuka. 

Trisatya

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh – sungguh:

Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, menolong sesama hidup, ikut serta membangun masyarakat, serta menepati Dasadharma pramuka.

Dasadharma

1.      Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2.      Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

3.      Patriot yang sopan dan kesatria.

4.      Patuh dan suka bermusyawarah.

5.      Rela menolong dan tabah.

6.      Rajin, terampil, dan gembira.

7.      Hemat, cermat, dan bersahaja.

8.      Disiplin, berani, dan setia.

9.      Bertanggungjawab dan dapat dipercaya.

10.  Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Jadi kedua hal di atas dijelaskan dalam Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka pada pasal 23 yaitu kode kehormatan pramuka. Itulah kode kehormatan pada pramuka penegak pandega. Jadi ternyata pramuka itu keren yah ada kode kehormatannya segala hehehe. Masih ragu dengan anak pramuka? Sini sama kakak.

Jadi sekian dulu yah terkait kode kehormatan pramuka, semoga bermanfaat dan nambah pengetahuan kakak – kakak. Wassalamu alaikum dan salam pramuka!!!

 

Daftar  Referensi:

-          AD & ART GERAKAN PRAMUKA 2018

-          https://id.wikipedia.org/wiki/Gerakan_Pramuka_Indonesia

 

Load disqus comments

0 comments