Friday 19 February 2021

AKSI PRAMUKA DALAM KEMANUSIAAN

 Aksi Pramuka dalam Kemanusiaan

Oleh : Putra Taufik Prayuda

Donor Darah Kwarda Sulsel

Gerakan pramuka menjadi salah satu pembentuk karakter bangsa diantara nya berjiwa patriot, nasionalisme, cinta kepada Tuhan, cinta kepada sesama, dan cinta kepada alam, mengajarkan gotong royong, disiplin, mandiri, saling menolong, menghargai, kepedulian sosial dan lingkungan. Dari kegiatan-kegiatan pramuka dapat membentuk nilai-nilai karakter dalam menghadapi tantangan di masa depan.  Selain itu kegiatan pramuka banyak menanamkan nilai-nilai karakter terutama karakter kepedulian sosial dan kemandirian. Gerakan Pramuka harus mampu mendidik dan membina generasi muda kita untuk tidak mudah putus asa, pantang menyerah dan dengan penuh keberanian menghadapi berbagai tantangan.

Pembagian Bantuan kepada Korban Bencana Banjir Jeneponto

Selain dikenal dalam sorak dan nyanyiannya, biasa juga di sebut yel-yel, para pramuka juga tidak kalah dalam aksi kemanusiaan. Ada banyak kegiatan-kegiatan bahkan aksi nyata para pramuka Indonesia untuk menolong dan memberi sesama. Misalnya Pramuka Universitas Negeri Makassar dalam aksi bulan berbagi; bagi-bagi masker dan hand sanitizer, Bakti Sosial Pramuka UNIB berbagi nasi kotak pada yang membutuhkan (Sumber: unib.ac.id), juga para pramuka di Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) yang turut berpartisipasi dalam kegiatan kepedulian penanggulangan Covid-19 melalui berbagai aksi (Sumber: pramukadiy.or.id).

Maraknya berbagai bencana alam di Indonesia juga menjadi ladang bagi para pramuka untuk menunjukkan aksi kemanusiaannya. Baik bencana alam banjir, tanah longsor, gempa bumi, maupun bencana non-alam Covid-19 yang menimpa masyarakat saat ini. Dikutip dari antaranews.com Budi Waseso, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam Hari Pramuka Tahun 2020 mengatakan tema hari pramuka yang menunjukkan kepedulian terhadap penanganan Covid-19 merupakan perwujudan semangat untuk membantu menanggulangi bencana akibat wabah tersebut. Tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bangsa Indonesia juga diseluruh dunia.

Load disqus comments

0 comments