Thursday 6 August 2020

BERPRESTASI, UKM PRAMUKA UNM LOLOS PENDANAAN BINA DESA TAHUN 2020

Ucapan Selamat 

Rabu, 5 Agustus 2020 telah diumumkan organisasi mahasiswa yang lolos seleksi proposal PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.  Dari 253 proposal yang lolos didanai, dua diantaranya berasal dari Universitas Negeri Makassar dan UKM Pramuka UNM menjadi salah satunya.

Apa itu PHP2D?

Tim yang diketuai oleh kak Alfira Sandika Fitri bersama 9 anggota dan didampingi oleh kak Dr. Irfan, M.Ds yang juga merupakan salah satu unsur pembina UKM Pramuka UNM sebagai pembimbing mengangkat Judul “Pemberdayaan Petani Aren di Desa Tompobulu Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dalam Optimalisasi Potensi Gula Aren menjadi Komoditas Ekonomi Digital”.

Nama-nama anggota Tim Bina Desa UKM Pramuka UNM

Setelah melalui beberapa tahap, dari tahap persiapan, survey lokasi, sampai tahap pengumpulan proposal hingga diumumkannya nama-nama tim yang lolos, akhirnya UKM Pramuka UNM menjadi salah satu yang lolos seleksi pendanaan. Untuk selanjutnya, ketua Tim diharapkan untuk melakukan Penyesuaian Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan melengkapi data isian kontrak.

Rasa senang dan bahagia disampaikan oleh kak Alfira Sandika Fitri selaku ketua tim.

“Suatu kesyukuran, UKM Pramuka UNM bisa lolos program PHP2D ini. Ini adalah kali pertama UKM Pramuka UNM lolos pendanaan bina desa oleh Kemendikbud dan juga merupakan pertama kali UKM Pramuka UNM mengajukan proposal bina desa. Kami akan terus berbenah, dan menjalankan program ini sesuai perencanaan awal,” ujarnya.

Ia juga berharap agar tim dari UKM Pramuka UNM tetap semangat melanjutkan program ini.

“Semoga Tim Bina Desa UKM Pramuka UNM tetap semangat dalam melanjutkan program ini. Terima kasih kami ucapkan kepada Kakak-kakak yang telah membantu, kepada Kakak Pembina Kami sekaligus dosen pendamping kami, Kak Irfan, Kakak Ketua Gudep Kami, Kak Prof Kasma dan Kak Taufiq Natsir, serta Kakak – Kakak pembina lainnya. Kami juga berterima kasih kepada Kakak-kakak anggota UKM Pramuka UNM yang turut berpartisipasi mulai dari survey lokasi desa, penyususnan proposal, sampai penginputan proposal,” tambahnya.

Tim Survey di Desa Tompobulu, Kabupaten Pangkep
Tim Survey Bina Desa UKM Pramuka UNM

Kak Dr. Irfan, M.Ds selaku dosen pembimbing juga merasa bahagia tim UKM Pramuka UNM bisa lolos sampai tahap ini. Harapannya, agar program ini dilaksanakan dengan baik dan memerhatikan hal-hal penting seperti dokumentasi, rekam nota dan laporan.

“Untuk briefing atau pertemuan dengan tim lakukan secara virtual”, tambahnya.

Selain pengumuman PHP2D, juga telah diumumkan tim yang lolos pendanaan dalam kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM 5 Bidang) Tahun 2020. Beberapa anggota UKM Pramuka UNM juga berpartisipasi pada kegiatan ini dan lolos sampai tahap pendanaan.

Ini kembali lagi membuktikan, bahwa organisasi tidak menjadi penghalang untuk terus mengukir prestasi. Terus semangat untuk kakak-kakak, dan terus berkarya.

Pengumuman PHP2D : https://drive.google.com/file/d/13n6LNptfBO75V2f5W598dfCWRVHx7Qer/view?usp=drivesdk

Pengumuman PKM 5 Bidang : https://drive.google.com/file/d/13lyqbg4fFyU6mGl00xNe79z0VYt05pXJ/view?usp=drivesdk

Penulis : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments