Monday 3 February 2020

Melalui Orientasi Kita Satukan Tekad untuk Kepengurusan yang Berintegritas

Foto bersama kakak Pembina, Kakak Purna Dewan dan Dewan Racana dan Ambalan 
Orientasi Dewan Racana dan Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju telah selesai dilaksanakan. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yang dimulai pada hari Jumat, 31 Januari hingga Minggu 2 Februari 2020, tepatnya di Rumah Adat Luwu, Benteng Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Orientasi ini adalah kegiatan yang diprogram untuk dewan racana maupun dewan ambalan dan didampingi oleh kak Fitriana Mahmuddin, S.Pd sebagai fasilitator yang mengontrol jalannya kegiatan ini.

Melalui Orientasi Kita Satukan Tekad untuk Kepengurusan yang Berintegritas merupakan tema orientasi kali ini. Dari tema ini, besar harapan agar kegiatan dapat terlaksana dan tercapai tujuannya.  

Selain untuk mengetahui tugas, peran dan tanggungjawab sebagai dewan dan menjalin kerjasama antar dewan, tujuan dari orientasi ini juga untuk menumbuhkan semangat baru dan kedisiplinan bagi dewan masa bakti 2019 – 2020. Bukan hanya itu saja, kegiatan ini dilaksanakan agar dapat menjadi bekal untuk kepengurusan tahun ini.
Sambutan oleh Pembina Ambalan Opu Dg. Risadju
Hal tersebut juga disampaikan oleh kak Hj. Sumiati Patimari, S.Pd., M.Pd, dalam sambutannya pada saat pembukaan orientasi dewan dan membuka kegiatan ini. Beliau juga berharap agar kekuatan dan kemampuan dari dewan tetap dituangkan dalam keikhlasan dan keloyalan.  

“Kegiatan ini sebagai bekal untuk kepengurusan kedepannya. Dan harapan saya, kekuatan dan kemampuan adik-adik agar dituangkan dalam keikhlasan dan keloyalan”, ujarnya.


Selama kegiatan, selain aktifitas memasak, makan bersama, dan senam peserta juga menerima beberapa materi dari pemateri-pemateri yang yang hebat. Salah satunya adalah kak Dr. Ahmad, S.Ag., S.Psi., M.Si selaku anggota Majelis Pembimbing Gugus Depan dalam hal ini Wakil Dekan III Fakultas Psikologi UNM.
sharing bersama purna dewan
Sebelum kegiatan ditutup, peserta melakukan sharing mengenai tupoksi dewan bersama para purna dewan racana dan ambalan. Kegiatan ini pun ditutup oleh kak Dr. Irfan, M.Ds selaku Pembina Racana Ranggong Dg. Romo.

Para pembina menyampaikan harapan yang serupa untuk dewan yang baru, agar benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik, sesuai apa yang telah diterima pada orientasi ini dan tidak melupakan untuk tetap menjaga komunikasi dan koordinasinya.

A. Ferry yang merupakan Kerani Dewan Ambalan Ranggong Dg. Romo juga mengutarakan kesannya mengikuti orientasi dewan tahun ini. 


"Di orientasi hubungan antara dewan baik racana maupun ambalan terbangun cukup baik. Terbukti dengan tidak adanya kelompok-kelompok yang membedakan antara dewan ambalan dan racana. Tapi semua berbaur dan saling menghargai satu dengan yang lain. Kalau menurut saya hal ini dapat terlaksana, tidak lepas dari kerja keras kakak fasilitator dan kerja sama antar dewan", ungkapnya. 


Penulis : Humas UKM Pramuka UNM


Load disqus comments

0 comments