Saturday 28 October 2023

UKM Pramuka UNM Memperingati Hari Sumpah Pemuda Pada Kegiatan PAB 2023



    Upacara Apel pagi kegiatan Outdoor Penerimaan Anggota Baru tahun 2023 Unit Kegiatan Mahasiswa Pramuka Universitas Negeri Makassar, juga sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-95. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh calon anggota dan Reka Kerja PAB tahun 2023 pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023.

    Outdoor merupakan salah satu rangkaian kegiatan Penerimaan Anggota Baru yang di laksanakan di Bumi Perkemahan UKM Pramuka UNM. Setiap paginya setelah senam bersama akan dilanjutkan dengan Upacara Apel, spesial tahun ini hari pertama Outdoor bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda.

      Suasana upacara yang menjadi pembeda dari upacara-upacara Apel Pagi yang seperti biasanya pada kegiatan Outdoor, Sumpah Pemuda begitu lantang di ikrarkan dengan tegas oleh Amalia Nurul Fatihah (calon anggota reka 3 putri) dan di ikuti oleh seluruh peserta upacara, setiap kalimat yang menggambarkan kecintaan kepada tanah air Indonesia untuk saling mengingat perjuangan para pemuda pada saat itu melawan para penjajah dalam memenangkan kemerdekaan dan UKM Pramuka UNM turut ikut memperingati sebagai bentuk penghormatan kepada para pemuda yang tak kenal lelah.

    Peristiwa majunya Gerakan Pramuka di Indonesia adalah Sumpah Pemuda, sejarah mencatat bahwa Gerakan Pramuka sangat berperan dalam upaya menyelenggarakan Kongres II pada 27-28 Oktober 1928. Pada saat itu seluruh pemuda dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul, dan di Bumi Perkemahan UKM Pramuka UNM pun berkumpul pemuda-pemudi dari berbagai etnis yang ada di Sulawesi Selatan bahkan ada yang dari luar Sulawesi Selatan.Tujuan peringatan tersebut tentunya agar  membangkitkan semangat juang dan kesadaran pemuda bahwa bangsa Indonesia itu adalah satu kesatuan yang utuh.

    Kata terakhir dari penulis " Untuk kita semua selamat Hari Sumpah Pemuda, semoga persatuan dan kesatuan NKRI selalu dapat kita jaga"



Penulis : Sitti Mutmadania

Editor & Penerbit : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments