Monday 30 January 2023

GALERI KEGIATAN DESEMBER S.D JANUARI MASA BAKTI 2021-2022

 

1)  Pelatihan Pengenalan SAR

Pelatihan pengenalan SAR merupakan kegiatan untuk membina kemampuan, kesiapsiagaan dan prosedur pelaksanaan operasi SAR. Latihan SAR bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anggota agar memiliki pemahaman mengenai SAR yang menunjang penyelenggaraan operasi SAR nantinya. Kegiatan ini diisi oleh Kakak Arman Amiruddin sebagai Pemateri yang dilaksanakan pada Ahad, 11 Desember 2022 di Sanggar Bakti UKM Pramuka UNM.

 

2)  Musyawarah Ambalan Masa Bakti 2021-2022

Sebagai bentuk evaluasi 1 (satu) periode kepengurusan Dewan Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju Masa Bakti 2021-2022 Pangkalan Universitas Negeri Makassar, UKM Pramuka UNM mengadakan Musyawarah Ambalan yang dibuka pada tanggal 05 Januari 2023 bertempat di Sanggar Bakti UKM Pramuka UNM.

Musyawarah Ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju Masa Bakti 2021-2022 Pangkalan Universitas Negeri Makassar kali ini mengusung tema "Bersinergi membentuk kader yang inovatif melalui kolaborasi" yang diharap sebagai doa agar membentuk kader yang mampu berinteraksi menghasilkan keharmonisan melalui inovasi baru dan kolaborasi untuk meningkatkan produktivitas.

 

3)  Pelantikan Pramuka Golongan Pandega

Prosesi Pelantikan Pramuka Pandega yang diawali dengan penyelesaian syarat untuk menjadi Pramuka Pandega melalui ujian SKU (Syarat Kecakapan Umum). Racana Opu Dg. Risadju melaksanakan Pelantikan Kenaikan Tingkat Pramuka Pandega pada Jum’at, 16 Desember 2022 dan Rabu, 25 Januari 2023 di Pelataran Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

 

4)  Pelantikan Pramuka Penegak Bantara dan Laksana

Prosesi Pelantikan Pramuka Penegak Bantara yang diawali dengan penyelesaian syarat untuk menjadi Pramuka Penegak Bantara melalui ujian SKU (Syarat Kecakapan Umum). Ambalan Opu Dg. Risadju melaksanakan Pelantikan Penegak Laksana pada Selasa, 13 Desember 2022 di Pelataran Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, dan Pelantikan Penegak Bantara pada Jum’at, 6 Januari 2023 di Rumah Adat Soppeng, Benteng Somba Opu, Kab. Gowa.

 

5)  Pindah Golongan

Kegiatan ini merupakan upacara formal yang di lakukan ketika berpindahnya anggota satuan Ambalan ke satuan Racana berdasarkan ketentuan yang berada pada adat Ambalan dan Racana. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada 10 Januari 2023 yang berlokasi di Pelataran Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

 

6)  Olahraga Rutin

Pada triwulan pertama ini, kegiatan olahraga rutin berjalan dengan baik. Setiap kegiatannya, ada banyak kakak-kakak yang turut berpartisipasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada Ahad, 11 Desember 2022 Fun Futsal yang berlokasi di Super Futsal, Jl. Rutan.

 

7)  Bakti Sanggar

Bakti sanggar merupakan kegiatan yang giat bersih di Sanggar Bakti UKM Pramuka UNM yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian dan kerjasama antar anggota terhadap lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Ahad, 04 Desember 2022.

 

Penulis: Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments