Monday 16 August 2021

ANGGOTA UKM PRAMUKA UNM MENGUKIR PRESTASI DITINGKAT NASIONAL

Makassar - Lustrum VIII menjadi  kegiatan besar dari Pramuka Universitas Gadjah Mada (UGM) Gugusdepan Kota Yogyakarta 03-073 dan 03-074 di tahun 2021 dan bertepatan dengan ulang tahun Pramuka UGM ke-40.

Muh. Ichwan S. Chaidir S.Pd
Anggota Racana Ranggong Dg. Romo
Pada kegiatan Lustrum VIII kali ini mengangkat tema “40 Tahun Pramuka UGM: Karya Nyata Membangun Desa”. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Juli s.d Rabu, 18 Agustus 2021 secara daring dan luring. Bertujuan mempererat ikatan persaudaraan bakti Pramuka UGM dengan anggota Gerakan Pramuka dan organisasi lain.
Kegiatan Lustrum VIII Pramuka UGM diisi dengan beberapa agenda seperti Upacara Buka Kegiatan, Lomba Rover Challenge, perlombaan Inovasi Kepanduan, Webinar Kepramukaan, Tasyakuran, Temu Alumni, dan Upacara Tutup Kegiatan. Dengan beberapa kegiatan mulai dari pramuka penegak hingga pandega.
Salah satu peserta dari kegiatan Lustrum VIII ini berasal dari anggota UKM Pramuka Universitas Negeri Makassar (UNM) yaitu Kak Muh. Ichwan S. Chaidir S.Pd yang merupakan salah satu anggota Racana Ranggong Dg. Romo UKM Pramuka UNM.
Kak Ichwan mengikuti lomba Inovasi Kepanduan yang merupakan  lomba menulis esai yang diikuti oleh Pramuka golongan Pandega, atau anggota Racana, sebagai ajang membentuk Pramuka Pandega yang cerdas, kreatif, inovatif, dan solutif terhadap kemajuan bangsa Indonesia.
Presentasi Esai
Lomba menulis esai tersebut mengangkat tema “Karya Nyata Pramuka Membangun Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, yang terbagi menjadi tiga sub tema  yaitu pendidikan, teknologi dan sosial budaya. Pada saat pengumuman pemenang lomba, kak Ichwan berhasil meraih juara 3 dalam lomba menulis esai ini.
Ia mengungkapkan rasa bahagianya karna dapat mengahrumkan nama UKM Pramuka UNM ke tingkat Nasional.
“Alhamdullillah, bahagia sekali karena diakhir masa kepandegaan bisa mengharumkan nama UKM Pramuka UNM di tingkat Nasional, sebenarnya sih ada rasa-rasa keraguan atau tidak percaya diri untuk juara soalnya ini adalah kegiatan nasional. Tapi, karena dukungan  dan semangat dari kakak-kakak serta bantuannya jadi bisa lebih percaya diri lagi dan bangkit semangat lagi” ucap kak Ichwan.
Semoga dengan adanya prestasi ini dapat meningkatkan semangat dari kakak kakak untuk lebih aktif lagi dalam setiap kegiatan regional, nasional, dan internasional

Penulis : Ainun Andini
Editor : Humas UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments