Saturday 17 July 2021

SERU !!! UNTUK MENGASAH BAKAT ANGGOTA, UKM PRAMUKA UNM GELAR LATIHAN RUTIN MEMASAK

Latihan Rutin Memasak UKM Pramuka UNM
Sabtu 17 Juli 2021, menjadi weekend produktif untuk anggota UKM Pramuka UNM. Latihan rutin memasak dengan tema masakan khas Sulawesi Selatan ini berlangsung dari pukul 09.30 untuk penerimaan materi, praktek memasak dan dilanjutkan dengan makan bersama, tak lupa juga upacara pembukaan dan penutupan latihan. Pada latihan rutin ini ada kakak pemateri yang seru dan keren yaitu kakak Dinar Astuti selaku purna dewan bendahara racana Opu Dg. Risadju Masa Bakti 2018/2019. "Saya sebenarnya latar belakang pendidikan nya bukan Tata Boga, saya hanya hobby memasak saja" ucap kakak pemateri.

Latihan rutin ini dihadiri oleh dewan racana dan ambalan Ranggong Dg. Romo dan Opu Dg. Risadju serta di lengkapi dengan anggota UKM Pramuka UNM yang turut hadir yang kemudian dibagi menajadi 4 kelompok terdiri dari 2 kelompok untuk Ranggong dan 2 kelompok untuk Opu. Kelompok 1 Ranggong membuat masakan dengan bahan utama Pisang yang kemudian mereka olah menjadi "Banana Piskent" atau Pisang Goreng dilengkapi dengan Kentang Goreng dan sambal. Kelompok 2 Ranggong dengan bahan utama Jagung kemudian kakak kakak olah menjadi Barobbo dengan nama "Barobbo kakakq". Untuk kelompok 1 Opu bahan utama adalah ayam dan diolah menajadi palekko dengan nama "Palekko si Manis", dan terakhir kelompok 2 Opu bahan dasa Ubi kemudian diolah menjadi Katabang dan Sop Ubi. Masakan dari kakak kakak Ranggong dan Opu sangat menarik. Ini menandakan bahwa Ranggong tidak hanya tau makan tapi juga bisa masak.
Anggota Racana dan Ambalan Ranggong Dg. Romo bekerjasama membuat hidangan pisang dan kentang 

Adapun tujuan dari latihan rutin ini selain sebagai pencapaian poin SKK untuk anggota, juga sebagai wadah untuk memperkenalkan kepada anggota Pramuka sebagai generasi bangsa bahwa mengenal dan tahu cara membuat makanan lokal itu sangat penting. Siapa lagi yang akan mempertahankan makanan khas kita? jika bukan kita sebagai generasi muda bangsa.
Semoga dengan adanya latihan rutin kali ini kakak kakak bisa mengaplikasikan dikehidupan sehari - hari.
Anggota Racana dan Ambalan Opu Dg. Risadju meracik bumbu masakan palekko'

Penulis : Nurhidayah
Dipublikasikan oleh Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments