Thursday 8 July 2021

Pasca Penandantanganan MoU, UKM Pramuka UNM akan merilis Grand Design dengan membentuk Tim Kelompok Kerja (Pokja) Bina Desa

Grand Design Bina Desa UKM Pramuka UNM

Setelah tahun sebelumnya tepatnya pada tanggal 16 September 2020 UKM Pramuka UNM melakukan penandatanganan MoU bersama dengan Kepala Desa Tompobulu Kec. Balocci Kab. Pangkajene dan Kepulauan sebagai bentuk kerjasama dalam hal pembinaan dan pengembangan desa dan melalui MoU tersebut Desa Tompobulu menjadi Desa Binaan UKM Pramuka UNM. Sehingga pada tahun ini UKM Pramuka UNM berupaya melanjutkan Desa Binaan dengan membentuk Tim Kelompok Kerja (Pokja) untuk menyusun Grand Design Bina Desa guna menunjang MoU UKM Pramuka UNM dengan Desa Tompobulu Kabupaten Pangkep. 

Tim Pokja Bina Desa UKM Pramuka UNM

Selain itu, UKM Pramuka UNM berupaya untuk melaksanakan prinsip Tri Bina Gerakan Pramuka serta Tri Darma Perguruan Tinggi. Adapun Tim Pokja yang terbentuk sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 008/21.19/08.096-B/2021 dan Surat Keputusan Nomor 008/21.19/08.095-B/2021 Tentang Pengangkatan Tim Pokja Bina Desa. Diantaranya Ketua : Nurhidayah Sekretaris : Mahdalena Anggota: Musdar Asman, S.Pd.,M.Si, Aldias, S.Pd, La Siatta, S.Pd, Muhammad Akmal, Adriani, Zamsinar, Muh. Fajar Anugrah, Andi Edwin Al-Hadi Agussalim, Alfira Sandika Fitri, S.Pd, Muh. Akhsan Suhardiman, Mifta Aulia Mustafa, Andi Nismah Hasanuddin, Syayaditul Zahrah Al-Munawwarah.

Pertemuan Tim Pokja Bina Desa UKM Pramuka UNM

Tim Pokja Bina Desa yang diangkat akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang selanjutnya akan dikoordinasikan dengan Ketua Gugus Depan Kota Makassar 08.095 - 08.096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar. Ketua tim Pokja dalam hal ini Nurhidayah merasa sangat bangga bisa bergabung dalam tim ini "Menurut saya, ini adalah hal yang baru, bergabung di tim bersama orang hebat di UKM Pramuka UNM merupakan hal yang tidak saya duga. Tim ini berisi orang hebat yang telah memberikan sumbangsi pemikirannya untuk masa depan Gugus Depan UNM. Melihat tugas dan tanggungjawab tim saya optimis ini merupakan langkah untuk mengantarkan UKM Pamuka UNM menjadi lebih maju." Tuturnya. 

Selain itu, dia juga sangat bersyukur bisa menjadi ketua dalam tim ini "Selaku ketua tim saya sangat bersyukur bisa didampingi oleh Kakak-kakak yang hebat di UKM Pramuka UNM, menjadi ketua merupakan amanah yang cukup berat menurut saya. Namun dengan dukungan dari semua pihak saya merasa lebih kuat mental dalam menjalani tugas sebagai ketua tim dan saya juga percaya bahwa ini merupakan proses pembelajaran berharga yang bisa saya dapatkan disini." Ungkapnya. 
Diskusi terkait pembahasan Bina Desa UKM Pramuka UNM

Tidak hanya Ketua tim, Sekretaris tim juga mengatakan bahwa kegiatan ini bisa mengembangkan soft skill anggota "Tim ini merupakan langkah awal kita di UKM Pramuka UNM untuk melaksanakan program-program yang berkelanjutan. Selain manfaatnya untuk Desa Tompobulu, tentunya anggota UKM Pramuka UNM juga bisa mengembangkan soft skill nya, menuangkan inovasi dan ide-ide kreatifnya. Jadi, Grand Design bina desa yang sementara disusun menyelaraskan program desa Tompobulu dengan program kegiatan yang dibungkus dengan gaya pramuka." Tuturnya 

Selain itu dia menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan tindakan yang nyata dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. "Dalam pelaksanaan nantinya, kita sebagai anggota pramuka bisa melaksanakan salah satu Tri Bina dalam Gerakan Pramuka yakni bina masyarakat dan ini merupakan tindakan nyata dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Harapannya, bersama kampus kita bisa bekerjasama dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dan program lainnya yang bermanfaat bagi mahasiswa terkhusus anggota pramuka."Tambahnya. Semoga Grand Design bina desa ini dapat terselesaikan dan dapat dijadikan acuan untuk pelaksanaan pembinaan dan pengembangan desa kedepannya untuk mewujudkan Desa Tompobulu yang maju baik dari segi pendidikan, ekonomi maupun pariwisata.



Penulis : Zamsinar
Editor : Humas UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments