Friday 25 June 2021

KEREN ! 4 ANGGOTA UKM PRAMUKA UNM LOLOS PKM TAHUN 2021


Syayidatul Zuhrah Al-Munawarah
Anggota Ambalan Opu Dg. Risadju
Rabu, 5 Mei 2021, UKM Pramuka UNM mendapatkan kabar gembira karena banyak anggota UKM Pramuka UNM yang lolos pendanaan pada Program Kreativitas Mahasiswa.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi.
Lastri
Anggota Ambalan Opu Dg. Risadju
Dalam bahasa yang lebih mudah, dikalangan para mahasiswa, PKM lebih dikenal sebagai salah satu lomba menulis proposal dalam berbagai bentuk (penelitian, pengabdian masyarakat, kewirausahaan, inovasi teknologi atau karya tulis) yang diselenggarkaan oleh dikti untuk mengakomodir hasrat intelektual mahasiswa. Dan bagi para mahasiswa yang proposalnya lolos nanti akan diberikan dana insentif, dan bagi proposal terbaik akan dilombakan dalam suatu ajang tertinggi yaitu Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Hal yang patut dibanggakan karena banyak anggota UKM Pramuka UNM yang lolos pada kegiatan bergengsi di kalangan mahasiswa.
Siti Rezki Hardianti
Anggota Ambalan Opu Dg. Risadju
Kak Siti Rezki Hardianti (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), kak Lastri (Prodi Teknologi Pendidikan), kak Hairil Asyura (Prodi Pendidikan Teknik Pertanian), dan kak Syayidatul Zuhrah Al-Munawarah (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) yang bercerita tentang perjalanannya hingga lolos pendanaan pada Program Kreativitas Mahasiswa ini.

"Mulai tahu soal PKM, saat masih menginjak semester 1. Tahun itu, saya belum percaya diri untuk mengajukan proposal dan sekadar ikut menjadi anggota tim lain untuk belajar. PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa ini merupakan ajang bergengsi di tingkat nasional perguruan tinggi.

Bisa lolos pada tahap ini, merupakan sesuatu yang tidak saya duga sama sekali. Pasalnya, niat awal saya hanya ingin menuntaskan sks mata kuliah semester ini. Meskipun begitu, saya sangat bersyukur bisa menjadi salah satu dari 4.942 tim yang lolos dan dari 62.801 tim yang tidak lolos.

Untuk itu, saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan proposal tersebut. Semoga tim saya bisa lolos ke tahap selanjutnya, aamiin." Tuturnya.

Semoga prestasi dari kakak-kakak anggota UKM Pramuka UNM yang lolos pendanaan pada Program Kreativitas Mahasiswa ini dapat memicu semangat kakak-kakak anggota lainnya untuk lebih berprestasi lagi, bukan hanya di bidang kepramukaan tapi juga di bidang akademik.
 
Hairil Asyurah
Anggota Ambalan Ranggong Dg. Romo

Penulis : Siti Rezki Hardianti
Editor : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments