Thursday 25 March 2021

PANTAI DIBALIK BENTENG SEJARAH

Bulukumba merupakan tanah yang terkenal dengan phinisi dan tanjung bira yang berpasir putih, karena setiap tahunnya banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam lokal maupun mancanegara, Selain tanjung bira terdapat pula pantai di Bontobahari  yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan karena belum terekspos oleh media. 

Pantai lemo-lemo Kabupaten Bulukumba

Pantai lemo-lemo tidak kalah cantiknya dengan pantai tanjung bira, pantai lemo-lemo memiliki pasir pantai yang bewarna putih, memiliki batu karang dipinggir pantai. Pantai lemo-lemo masih alami karena belum tersentuh oleh pembangunan. Jarak tempuh dari kota Makassar ke pantai lemo-lemo kurang lebih 120 km, biaya masuk kepantai lemo-lemo pun sangat terjangkau, cukup merogoh kocek  Rp 5.000,00 saja wisatawan sudah dapat menikmati keindahan pantai lemo-lemo. 

Meriam Portugis dan ranjau laut Rusia di pantai lemo-lemo

Berjarak 500 meter sebelum memasuki kawasan pantai, wisatawan akan disugukan oleh senjata-senjata serta benteng pertahanan dari serangan Belanda yang merupakan peninggalan sejarah. Di sekitar pantai lemo-lemo terdapat gua yang memiliki air tawar yang sangat jernih. Wisatawan dapat berenang karena gua ini cukup aman serta wisatawan dapat menikmatinya secara cuma-cuma. 

Goa Tanah Lemo-Lemo
Penulis : Alfira Sandika Fitri
Editor : Humas UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments