Monday 5 October 2020

INOVASI BARU GULA AREN, TIM PHP2D UKM PRAMUKA UNM LAKUKAN PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN GULA AREN

Proses Pencetakan Gula Aren Cubes

Kamis, 17 September 2020 telah dilaksanakan Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Inovasi Gula Aren oleh Tim PHP2D UKM Pramuka UNM yang bertempat di Desa Tompobulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Pelatihan dan pendampingan ini dilakukan bersama kakak-kakak dari UKM Pramuka UNM.

Pelatihan dan pendampingan diikuti oleh petani aren yang ada di desa tersebut dengan jumlah 10 orang petani.

Sebelum membuat gula aren, tim PHP2D menyiapkan beberapa alat dan bahan dasar dari aren untuk dibuat menjadi beberap bentuk gula aren.

Penyaringan Gula Aren Cair
Aren yang dimasak di atas wajan menggunakan kayu bakar dipanaskan sambil diaduk hingga beberapa jam. Sebelum arennya mengental, aren tersebut dipisahkan untuk gula aren berbentuk cair. Kemudian, dilanjutkan dengan memanaskan aren tersebut hinggal agak mengental sambil terus diaduk.

Aren yang sudah mengental dipisahkan kembali untuk dimasukkan ke dalam cetakan yang berbentuk balok untuk menghasilkan gula aren cubes. Selanjutnya, gula aren yang masih ada di wajan diolah lagi menjadi gula aren bubuk.

Dalam satu kali masak, dapat menghasilkan berbagai inovasi aren diantaranya gula aren cair, cubes dan bubuk.

Selama pelatihan dan pendampingan ini, Kak Alfira Sandika Fitri selaku ketua tim pada program ini berharap dengan adanya kegiatan ini, petani dapat berinovasi dan meningkatkan pengahasilan mereka.

Penyaringan Gula Aren Bubuk
“Semoga dengan adanya pelatihan dan pendampingan pembuatan gula aren di desa ini,  petani aren dapat berinovasi berbagai bentuk gula aren serta dapat meningkatkan penghasilan mereka sebagai petani aren,”ujarnya.

Besar kecilnya harapan kak fira, juga menjadi harapan untuk kita semua di UKM Pramuka UNM, terlebih lagi masyarakat petani aren di desa Tompobulu. Semoga pelatihan dan pendampingan ini bermanfaat untuk masyarakat petani aren.

Penulis : Humas UKM Pramuka UNM

Load disqus comments

0 comments