Saturday 25 April 2020

DISKON dan DILINE ala UKM Pramuka UNM

Kegiatan DISKON Enterpreneur
UKM Pramuka UNM telah melaksanakan latihan rutin yang berbeda dari biasanya. Hal tersebut dikarenakan kondisi yang masih berada dalam pandemi Covid-19. Latihan rutin tersebut adalah DISKON dan DILINE.

DISKON dan DILINE merupakan salah satu Latihan Rutin UKM Pramuka UNM yang berupa Diskusi Online. Diskusi yang dilaksanakan melalui media sosial yang berbeda dan tentunya dengan materi dan pemateri yang berbeda pula.

DISKON dilaksanakan pada Rabu, 22 April 2020 melalui grup WhatsApp, yang dimulai dari pukul 14.00 hingga 17.00 WITA. Diskusi ini membahas mengenai kewirausahaan yang dikenal dengan sebutan ­Enterpreneur. Materi dibawakan oleh kak Arfah yang merupakan Purna Dewan Racana bidang Humas masa bakti 2003-2005. 
Dokumentasi kegiatan DISKON
“Sekalipun kita tak bertatap wajah, namun hati dan pikiran kita tetap berjabat,” begitulah yang dikatakan oleh kak Arfah pada saat mengawali materi diskusi dalam ketikannya.

Peserta kegiatan ini adalah kakak-kakak Purna dan Anggota UKM Pramuka UNM. Kakak-kakak yang mengikuti kegiatan sangat bersemangat dan berharap agar grup ini tidak ditutup.

"Kalau bisa grup ini tidak usah ditutup, biar kakak-kakak yang punya usaha bisa mempromosikan usahanya," ketiknya dalam grup DISKON. 


Berbeda dengan DISKON. DILINE dilaksanakan pada Sabtu, 25 April 2020 tepatnya hari kedua Ramadhan. Diskusi ini dilaksanakan menjelang waktu berbuka puasa, yaitu pukul 16.00 hingga 17.00 WITA melalui siaran langsung instagram UKM Pramuka UNM. Sambil menunggu waktu berbuka, kakak-kakak berdiskusi mengenai Peraturan Penyelenggaraan Gugusdepan Nomor 231 tahun 2007, dengan peserta bukan hanya dari Sulawesi Selatan saja, tetapi juga dari luar Sulawesi dan Malaysia.
Kegiatan DILINE (PP Gudep Nomor 231 tahun 2007) 
Diskusi ini dilakukan bersama salah satu anggota Dewan Kerja Daerah Sulawesi Selatan dan juga merupakan Anggota UKM Pramuka UNM, kak Muh. Akhsan Suhardiman selaku pemateri pada diskusi kali ini. Kak Akhsan mengatakan bahwa kegiatan seperti diskusi online adalah kegaiatan yang tepat untuk menjalankan program kegiatan.

“Di tengah pandemi Covid-19, kegiatan yang paling tepat dilakukan adalah kegiatan positif seperti diskusi online dengan tetap menjalankan program kegiatan dengan memanfaatkan teknologi,” ujarnya dalam siaran langsung DILINE.

Begitu halnya dengan kak Inda yang merupakan peserta dalam DILINE, mengatakan bahwa diskusi online seperti ini bagus dan lebih kekinian. 

"Kalau menurutku, kegiatan diskusi online ini lebih kekinian dan lebih bagus. dan karena keadaan yang menuntut semua kegiatan dilaksanakan lewat online saja, tapi kerennya walaupun pandemi masih bisa berdiskusi untuk tambah pengetahuan," ujarnya.
Dokumentasi kegiatan DILINE
"Harapan saya kedepannya alangkah baiknya ketika diskusi menggunakan metode yang dilakukan kemarin (DILINE), karena bisa melihat mimiknya secara langsung dan lebih bisa dipahami," tambahnya.

Baik DISKON maupun DILINE adalah kegiatan yang sama bagusnya untuk melaksanakan program kerja dan mengisi waktu kakak-kakak di rumah saja. Tentunya dengan materi-materi yang berguna bagi kita semua.

Semoga kegiatan ini dapat terus terlaksana dan pandemi ini akan segera berakhir. Semangat kakak-kakak.


Penulis : Humas UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments