Wednesday 20 March 2019

KMD PPG UNM datangkan dua pelatih Nasional

Pembukaan Kursus Mahir Dasar (KMD) 2019
Senin, 18. Maret 2019. Universitas Negeri Makassar Kembali melaksanakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) bagi mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) UNM.

Kegiatan ini berlangsung selama seminggu mulai dari tanggal 18 s.d 24 Maret 2019. 

Adapun rangkaian acara dalam kegiatan ini yaitu Pembukaan yang dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2019, dilanjutkan dengan kegiatan indoor yang berlangsung dari tanggal 19 s.d 21 Maret 2019 di Gedung Phinisi UNM. 

Kemudian kegiatan outdoor yang rencananya berlangsung dari tanggal 22 s.d 24 Maret 2019 di Bumi Perkemahan UKM Pramuka UNM Parangloe Gowa dan di akhiri dengan kegiatan penutup. 
Bapak Wakil Walikota Makassar (Bapak Dr. H. Syamsul Rizal S.Sos.M.Si)

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Wakil Walikota Makassar selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang Kota Makassar  Yakni Bapak Dr. H. Syamsul Rizal S.Sos M.Si.
Prosesi Penyerahan Tunggul Pelatih

Dan ditandai dengan penyerahan tunggul pelatih dari kak wakil Ketua Mabicab kepada pimpinan kursus yakni Kak Dr. H. Mappe Kasim (Ketua Pusdiklatcab Kota Makassar)

Dalam kegiatan Kursus Mahir Dasar ini, pihak Universitas bekerja sama dengan Gugus Depan Kota Makassar 08.095 – 08.096 pangkalan Universitas Negeri Makassar  dan Kwartir Cabang Kota Makassar. 
Kehadiran kak Raden Mohammad Ikbal dan kak Lifya Widya Sukma di tengah-tengah Pelatih Kursus Mahir Dasar


Selain itu, hal yang berbeda dari kegiatan KMD sebelumnya yakni hadirnya dua pelatih dari Kwartir Nasional yakni kak Raden. Mohammad Ikbal dan kak Lifya Widya Sukma. 
Peserta Kursus Mahir Dasar yang berasal dari Mahasiswa PPG UNM

Adapun peserta dari Kursus Mahir Dasar ini berasal dari mahasiswa PPG UNM sebanyak 109 orang yang dalam pembagian kelasnya dibagi menjadi tiga kelas yaitu  dua kelas untuk golongan penegak  dan satu kelas untuk golongan penggalang. 
Sambutan Kak Musdar Asman selaku Ketua Palaksana Kegiatan KMD ini

Menurut Kak Musdar Asman selaku ketua Panitia Pelaksana sekaligus pembantu pembina Ambalan Ranggong Dg. Romo mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat inovatif yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan calon guru dalam membimbing siswanya. Karena dengan berpramuka mereka dapat menerapkan sistem yang baik dalam pengajarannya. Tuturnya

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa  PPG UNM yang pada dasarnya merupakan calon pendidik dan dapat menjadi Pembina Pramuka yang memiliki kemampuan serta keterampilan kepramukaan yang handal demi mencerdaskan generasi dan tunas-tunas bangsa.



Penulis : HUMAS UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments