Saturday 24 March 2018

Menambah Wawasan Mengenai Tata Upacara Lewat Latihan Rutin.



Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Pramuka !!!
Apa kabar semuanya ? semoga semuanya senantiasa  baik-baik saja. Alhamdulillahirobbilalamin hari ini kita semua masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk bertemu dan melaksanakan kegiatan kita yakni Latihan Rutin. Yang mana kegiatan ini  merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin sesuai dengan nama kegiatannya yah kak. (Sabtu, 25 Maret 2018).
Materi Latihan Rutin

Kakak – kakak sekalian materi latihan rutin kita pekan ini adalah “Tata Upaca ( Upabuklat dan Upatuplat) yang dibawakan oleh salah satu narasumber hebat yang dimiliki UKM Pramuka UNM yakni  kak Muhammad Wiridyan Fadhel.  Materi ini adalah sesuatu yang sangat penting yang harus diketahui oleh kakak – kakak sebagai anggota pramuka karena merupakan bekal awal yang harus diketahui dan dilaksanakan sebelum memulai dan mengakhiri kegiatan latihan rutin.
Suasana Penerimaan Materi 
Pada latihan rutin pekan ini ada 10 orang  kakak – kakak anggota Ranggong Dg. Romo dan 14 orang anggota Opu Dg. Risadju yang turut serta untuk menambah ilmu pengetahuannya mengenai pramuka khususnya di Tata Upacara.

Sebelum memulai materinya kak Fadhel meminta kakak – kakak untuk mempersiapkan catatan dan bahan materi yang akan di bawakannya yakni SKEP Nomor : 178 Tahun 1979 Tentang  PETUNJUK PENYELENGGARAN UPACARA DI DALAM GERAKAN PRAMUKA dan SKEP Nomor : 199 Tahun 2011 Tentang  PANDUAN PENYELESAIAN SKU GOLONGN PENEGAK DAN PANDEGA.
Suasana Penerimaan Materi

Pada latihan kali ini kita akan membahas mengenai upacara dalam gerakan pramuka yang mana upacara sendiri itu bermakna sesuatu yang khidamat dan tertib yang nantinya diharapkan mampu  membentuk manusia yang berbudi pekerti luhur sehingga menjadi warga negara yang berpancasila.

Tujuan dan sasaran upacara dalam Gerakan Pramuka adalah membentuk sikap disiplin, menghargai suatu proses berkaitan dengan sejarah, tradisi, perjuangan dan keberhasilan yang dicapai agar peserta didik:

1) Memiliki rasa cinta kepada tanah air, bangsa, dan negara.
2) Memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin pribadi.
3) Selalu tertib dalam kehidupan sehari-hari.
4) Memiliki jiwa gotong royong dan percaya pada orang lain.
5) Dapat memimpin dan dipimpin.
6) Dapat melaksanakan upacara dengan khidmat dan tertib.
7) Meningkatkan ketakwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sebelum terlalu jauh kak Fadhel juga menjelaskan bahwa ada beberapa perbedaan – perbedaan yang terdapat pada uacara antara golongan siaga, penggalang dan penegak. Mulai dari presentasi kehadiran pembina pada saat upacara, bentuk barisan, dan juga hal – hal yang dilaksanakan pada saat upacara. Ia juga menambahkan bahwa upacara tidak hanya dilaksanakan di ruang terbuka (lapangan) tetapi dapat juga dilaksanakan di ruang tertutup.
Pemaparan Materi oleh Kak Fadhel
Dalam pelaksanaan upacara kita juga harus memperhatikan beberapa pokok – pokok upacara antara lain :

1.      Pengibaran Sang Merah Putih
2.      Pembeacaan Teks Pancasila
3.      Pembacaan kode kehormatan pramuka, dan
4.      Do’a

Lewat latihan rutin ini juga para anggota diberikan kesempata bertanya dan menceritakan mengenai pelaksanaan dan perbedaan – perbedaan yang pernah ditemukan mengenai upacara dalam gerakan pramuka.

Adapun perbedaan antara upacara pembukaan dan penutupan itu sendiri hanya terletak pada proses pengibaran sang merah putih, pembacaan pancasila dan pembacaan dasa darma pramuka. Untuk pelaksana dan tata caranya tidak jauh berbeda.

Keanekaragaman dalam upacara yang tidak dibenarkan adalah sesuatu yang mengurangi isi prinsip – prinsip yang tercantum dalam petunjuk penyelenggaraan upacara yang dapat mempengaruhi kekhidmatannya tambahnya mengakhiri materinya.

Terima kasih banyak kami haturkan kepada kakak narasumber karena telah bersedia meluangkan waktunya untu berbagi pengelamannya bersama kami dan juga terima kasih yang luar biasa kepada kakak – kakak anggota yang masih berkeinginan melangkahkan kakinya ketempat ini untuk menambah ilmu, jangan lelah berproses kak, mari sama – sama belajar untuk masa depan yang lebih baik.



Humas UKM Prmuka UNM


Load disqus comments

0 comments