Monday 2 October 2017

Latihan Gabungan Nasional IX Universitas Negeri Makassar Resmi Dibuka

Pembukaan Latgabnas IX
Sebelum memulai acara pembukaan, terlebih dahulu peserta Latihan Gabungan Nasional IX mengikuti upacara hari kesaktian pancasila yang dilaksanakan oleh pihak kampus Universitas Negeri Makassar. 

Upacara
Pada kegiatan ini, Rektor Universitas Negeri Makassar yang juga sebagai ketua Mabigus Gugus Depan Kota Makassar 08..095 - 08.096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar memperkenalkan secara langsung peserta Latihan Gabungan Nasional IX kepada seluruh peserta upacara. Termasuk di dalamnya Lembaga Kemahasiswaan, Peserta P3G, para dosen se-Universitas Negeri Makassar, Tenaga Administrasi, dan Jajaran Pejabat Kampus Universitas Negeri Makassar.


Rektor Universitas Negeri Makassar
Kegiatan Latihan Gabungan Nasiona IX Universitas Negeri Makassar yang berlangsung selama 7 hari, terhitung dari tanggal 1-7 Oktober 2017 dengan jenis kegiatan giat umum, giat wawasan, giat rescue, dan giat wisata Resmi dibuka. Kegiatan pembukaan ini dilaksanakann pukul 09.00 WITA tanggal 2 Oktober 2017. Kegiatan ini bertempat di Gedung Teater lantai 3 Menara Pinisi.
Gedung Teater
Pembukaan Latihan Gabungan Nasional IX dihadiri oleh peserta Latgabnas IX, Ketua Lembaga Kemahasiswaan se-UNM, Ketua Maperwa dan Bem UNM, Purna Racana Ranggong dg. Romo dan Opu dg. Risadju, pembina racana dan ambalan Ranggong dg. Romo dan Opu dg. Risadju, Unsur Mabigus Gugus Depan Kota Makassar 08.095 - 08.096, Mabigus Gugus Depan Kota Makassar 08.095 - 08.096 dalam hal ini Rektor Universitas Negeri Makassar, Ketua DKD Sulawesi Selatan beserta jajarannya, Ketua DKN beserta jajarannya, Ketua Kwartir Daerah yang diwakili oleh Wakil Ketua Kwartir Daerah Binawasa, dan Ketua Kwartir Nasional yang diwakili oleh Wakil Ketua Kwarnas Binawasa.
Tamu Undangan
Acara pembukaan diawali dengan Angngaru', dilanjutkan dengan tari paduppa dan prosesi buka adat Racana Ranggong dg. Romo dan Opu dg. Risadju. 
Buka Adat Racana Ranggong dg. Romo dan Opu dg. Risadju
Ada hal yang lebih sakral di acara ini dan menjadi pembeda dari yang lain yaitu Buka adat Bhinneka Tunggal Ika yang dipimpin langsung oleh Kak Yudha Adyaksa selaku Ketua Dewan Kerja Nasional. Kegiatan buka adat Bhinneka Tunggal Ika ini merupakan kegiatan buka adat yang pertama kali dilaksanakan sepanjang adanya kegiatan Latgabnas I-IX.
Buka Adat Bhinneka Tunggal Ika
Setelah itu, acara sambutan-sambutan yang diawali oleh Ketua Reka Kerja Latgabnas IX, dilanjutkan oleh Ketua Mabigus Gugus Depan Kota Makassar 08.095 - 08.096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar dalam hal ini Rektor Universitas Negeri Makassar yang juga langsung sebagai Keynote Speaker. Kak Mabigus mengatakan bahwa Gerakan Pramuka selalu menjadi bagian dari perjalanan panjang Universitas Negeri Makassar sampai hari ini.

Rektor UNM Selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan Kota Makassar 08.095 - 08.096 Pangkalan Universitas Negeri Makassar
Sambutan berikutnya yaitu dari Ketua Kwartir Daerah yang diwakili Wakil Ketua Kwartir Daerah Binawasa. Beliau mengatakan bahwa para peserta Latihan Gabungan Nasional IX harus senantiasa dapat mengingat perjuangan para pahlawan yang telah mendahului dan bisa mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dengan perbuatan. Sekarang ini Pramuka adalah kenyataan, lebih indah dari 1000 pernyataan.

Waka Binawasa Kwarda Sulsel
Nah, Terakhir adalah sambutan dari Kak Kwarnas. Meskipun Kak Kwarnas tidak sempat hadir, namun beliau menyempatkan mengirim video sambutan yang ditampilkan pada saat pembukaan ini. Beliau memohon maaf karena kegiatan yang padat lagi penting sehingga beliau tidak menyempatkan hadir di kegiatan Latgabnas IX ini. Namun, kak Kwarnas berterima kasih kepada seluruh peserta Pandega yang datang dari seluruh Indonesia, karena manfaat dari Latgabnas IX ini banyak sekali, diantaranya diharapkan dapat menciptakan kader pramuka yang arif, terampil dan tangguh dalam menghadapi tantangan yang akan datang. Karena begitu besar tantangan ke depannya.

Pembukaan secara resmi ditandai pemukulan gendang
Setelah sambutan dari kak Kwarnas kemudian dilanjutkan pembukaan secara resmi ditandai dengan pemukulan gendang oleh Wakil Ketua Kwarnas Binawasa yakni Kak Susi, didampingi oleh  Unsur Mabigus dan Mabigus Gugus Depan Kota Makassar 08.095 - 08.096 serta Wakil Ketua Kwartir Daerah Binawasa. 

Di akhir acara setelah pembacaan do'a yaitu acara foto bersama dan penampilan tari 4 etnis.
Load disqus comments

0 comments