Sunday 17 March 2019

Kaji Rasa ala UKM Pramuka UNM

Latihan Rutin Kaji Rasa (Kajian Aturan Bersama) UKM Pramuka UNM
Sabtu, 16 Maret 2019, UKM Pramuka UNM melaksanakan latihan rutin yang merupakan program kegiatan setiap tahunnya. 

Latihan rutin kali ini berbeda dengan latihan rutin sebelum-sebelumnya. Dimana latihan ini dinamakan Kaji Rasa (Kajian aturan bersama) yang berlangsung di Pelataran Gedung Phinisi UNM mulai pukul 09.00 WITA - 12.00 WITA. 

Adapun materi dalam kegiatan ini yaitu mengkaji pola dan mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega.
Upabuklat (Upacara Pembukaan Latihan) Kaji Rasa
Dalam kegiatan ini dilakukan  beberapa rangkaian acara, mulai dari pendaftaran, upabuklat ( Upacara Pembukaan Latihan), kegiatan inti yaitu sharing bersama kakak pemateri dan diakhiri dengan upatuplat (Upacara Penutupan Latihan)
Kak Musdar Asman S.Pd, M.Si selaku Pemteri kaji Rasa
Adapun pemateri dalam kegiatan ini yaitu Kak Musdar Asman S. Pd., M.Si. selaku Purna Dewan Kerja Nasional dan sebagai moderator yaitu Kak M. Akhsan Suhadirman yang merupakan Anggota Dewan Kerja Daerah Sulawesi Selatan yang juga merupakan Anggota Ambalan Ranggong Dg. Romo.
Peserta Kaji Rasa (Kajian Aturan Bersama) UKM Pramuka UNM
Peserta kegiatan ini berasal dari beberapa anggota penegak dan pandega dari berbagai Gugus Depan mulai dari tingkat SMA sampai perguruan tinggi  dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang. 

Menurut Kak Siska, Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat menarik dan baru pertama kali diadakan. 

"Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar karena respon dan antusias peserta sangat bagus. Banyak peserta yang tertarik dengan kegiatan ini, karena menurut mereka melalui kegiatan ini mereka bisa mendapatkan ilmu" Ujar Kak Siska selaku Dewan Ambalan bidang  kegiatan  dan latihan.

Tidak hanya itu, kak musdar selaku pemateri dalam kegiatan ini mengatakan bahwa ini adalah  kegiatan yang menarik karena kita bisa menyelaraskan pola dan mekanisme pembinaan pramuka penegak dan pandega lewat kaji rasa.Tuturnya

Akhirnya, melalui kegiatan tersebut menjadi ajang kepada Kakak-kakak pramuka penegak dan pandega untuk memperkaya ilmu mengenai pola dan mekanisme pembinaan pramuka penegak dan pandega dan diharapkan agar Kakak-kakak terus mengasah diri guna menjadi pramuka yang berintegritas.


Penulis: Humas UKM Pramuka UNM
Load disqus comments

0 comments